Belajar Coreldraw and Desain Grafis

Cara Cepat Membuat Stempel Bulat Dengan CorelDRAW

alamister | Tutorial | CorelDRAW - Materi singkat episode kali ini adalah bagaimana cara membuat atau mendesain stempel dengan aplikasi CorelDRAW. Kalau melihat bentuk desain stempel awalnya akan terkesan mudah karena berupa huruf dan line saja. Awalnya saya sendiri pun merasakan kesan yang sama, it's easy man.. hehe..

Ternyata, waktu pertama kali buat desain stempel bulat tidak seperti yang saya bayangkan selama ini..ahahaha.. lumayan rumit ternyata, terutama saat menyesuaikan presisi antara font (huruf) dan struktur bulatan. Salah-salah malah stempelnya terlihat tidak wajar (timpang).

Nah, untuk itu, yok kita bahas sama-sama.. 

Mukaddimah

Untuk diketahui, stempel mempunyai ukuran diameter yang berbeda-beda, menurut standar dunia perstempelan ukuran terkecil di mulai dari diameter 15 mm hingga 40 mm. masing-masing kelipatan 5 atau 15-20-25-30-35-40, dsb). Apakah boleh lebih besar ? terserah. mau se-gede ban tronton juga gak papa..awkwkwk... tapi rata-rata ukurannya di dunia manusia segitu..hehehe.. ok..lanjut ke materi..

1. Pertama-tama buka lembar kerja. Berhubung ukuran stempel tidak begitu besar maka lebih baik di gunakan lembar kerja ukuran kecil saja (saya pakai ukuran a5).

2. Buat lingkaran menggunakan Ellipse Tool (F7) lalu drag (tarik sudut kiri atas ke kanan bawah ), saya pakai ukuran 3 cm (30 mm). untuk menegaskan ukuran agar presisi panjang dan lebar objek harus sama, lihat di Size Tool (ket 2) klik Size Toool (logo gembok) untuk mengutak atik ukuran panjang dan lebar. bila sudah, klik objek (lingkaran) yang baru di buat lalu taruh di tengah-tengah lembar kerja (Ctrl + P), ini penting untuk menyesuaikan tingkat presisi objek dimana dalam proses selanjutnya akan ada beberapa lingkaran yang saling berhimpitan.


3. Objek lingkaran sudah di tengah, lalu buat 3 lingkaran lagi.  Bisa dengan Copy dan Paste objek ( Ctrl + C > Ctrl + V ) atau Duplikat ( Ctrl + D ). Lalu sesuaikan ukurannya seperti contoh di gambar 3. idealnya setiap lingkaran di beri selisih ukuran 1 sd 2 mm. (saya pakai 30 mm untuk tepi luar, 28 mm untuk tepi luar dalam dan 20 mm untuk lingkaran tengah.


4. Sesuaikan juga ukuran Outline di kolom Outline Width (gambar 4)


5. Sekarang memasukkan teks ke objek, caranya buat satu lingkaran lagi sebagai lingkaran bantu. Beri ukuran dengan silisih 1 s/d 2 mm dari lingkaran tengah ( line merah )

5. Klik lingkaran ke 4 (warna ungu) lalu Pilih Text Tool (F8) arahkan mouse tepat ke garis bantu outline lingkaran ( bila tepat akan muncul kode seperti di gambar ( icon edge). Hal ini dilakukan agar tulisan mengikuti kontur lingkaran (melengkung).


6. Ketikkan kata yang di inginkan saya contohkan TUTORIAL CORELDRAW (atas) - MISTERADLI (bawah)

Sesuaikan ukuran FONT hingga terlihat proporsional dan penuh di space.

Catatan :
1. Untuk mengatur ukuran font double click pada objek yang terdapat teks lalu drag hingga ukuran dirasa pas dan proporsional.
2. Apabila teks yang dimasukkan terlalu pendek maka gunakan Shape Tool (F10) untukmemberi jarak (kerapatan) huruf dalam teks. Geser (drag) dari kiri ke kanan atau sebaliknya.

7. Bila dirasa posisi teks sudah pas (presisi) maka llingkaran bantu dapat di hilangkan caranya convert teks ke bentuk curve (Ctrl + Q) maka antara lingkaran bantu dan huruf sudah terpisah. Hapus/Delete ( Del) lingkaran bantu.


8. lakukan langkah yang sama untuk kata yang di bagian bawah. (eks = MISTERADLI). Namun diameter lingkaran adalah berjarak 1 - 2 mm dari lingkaran tepi luar dalam. Huruf yang di masukkan biasanya menghadap ke bawah, gunakan tool Mirror Text dan sesuaikan horizontal dan vertikalnya. lalu gunakan teknik 6.1 dan 6.2 untuk menyesuaikan ukuran font serta jarak huruf.


9. Tambahkan ornamen bintang di Stempel yang kita buat untuk mempertegas perbedaan antara teks atas dan teks bawah. Pilih Star Tool > Drag letakkan di antaranya pada ruang kosong kiri dan kanan (lihat gambar).

10. untuk bagian tengah silakan berkreasi sendiri, ada beberapa yang menambahkan 2 garis dan teks ada juga yang berupa gambar/logo. jadi tergantung padamu..hehe..kalo saya tak tambahin teks SAMPLE saja.

11. Desainnya sudah jadi. yang terakhir.. export ( Ctrl + E ) desain stempel tadi ke format PNG dan centang transprency..

12. stempel desain sendiri telah selesai.. Nah .. Selamat mencoba.

Untuk tutorial versi video silakan menuju tautan dibawah :) 




loading...
14 Komentar untuk "Cara Cepat Membuat Stempel Bulat Dengan CorelDRAW"

thanks bro, masih agak kaku main coreldraw, lumayan buat iseng iseng....

Iya sama2 agan Andi Fahmi.. monggo di praktekkan.. hehe.. biar gk kaku lagi.. :D

Ndh Okey@ Sip gan.. ya gitu deh.. :D

Makasih banyak ya...smoga Ilmu yang anda pelajari bermamfaat buat orang lain dan indonesia semakin maju & berkembang

wah.. makasih gan.. salam Sumpah Pemuda kalo gitu :D

Mkasih infonya,mga bermanfaat...amin

sama-sama mba Una.. Semoga Sukses ya.. :)

terimakasih infonya gan lengkap dan sangat membantu

Terima Kasih banyak infonya. sangat membantu belajar corel draw

Ijin buka lapak gan..
Info tutorial yang bagus..
Namun jika ada pembaca disini yang ingin memulai usaha stempel. anda dapat menhubungi saya atau kunjungi website saya.
PERDANA STEMPEL
anda bisa skaligus praktek pembuatan stempel.

Suuwun atas artikelnya hehe jazakallah khoiron

Kebetulan saya lagi dapat tugas dari ketua takmir untuk membuat stempel nih, terima kasih banyak tutorialnya mas, langsung saya praktekkan!

Berkomentarlah dengan baik-baik, tidak nyepam dan SARA, link aktif yang dipaksakan akan membuat anda di banned permanen, jadi mari kita berbagi dengan komentar-komentar sehat, dan bermanfaat, silakan berkomentar di bawah, secepatnya akan saya jawab, Salam..

Back To Top