Belajar Coreldraw and Desain Grafis

Doodle Arts, Pengertian dan dan Cara Membuatnya

alamister - Pernah ketemu coretan-coretan 'asal' membentuk karakter, kejadian dan pesan-pesan acak di suatu tempat ? biasanya di notes, ato buku tulis ? ahahaha.. ternyata itu ada namanya lho! Dalam dunia seni itu dikenal dengan Doodle Art. Apa itu Doodle ? yok kita bahas singkat di sini, Doodle Arts, Pengertian dan dan Teknis Membuatnya.

Kalau pengertian Doodle Arts yang diterjemahkan secara bebas adalah, gambar tidak fokus atau tidak sadar dibuat saat perhatian seseorang jika tidak ditempati. (agak membingungkan ya ..? ).

Maksudnya gini. Doodle terbentuk karena biasanya tangan pembuat bergerak membuat suatu objek yang tidak beraturan kadang berbentuk karakter, benda ataupun objek lain (biasanya abstrak) yang kadang mempunyai arti kadang tidak. Namun mempunyai keunikan dan nilai seni tersendiri.

Tambah bingung kan ? sama... ahahaha... tak kasih contoh aja biar sama-sama ngeh. liat gambar 1.

wikipedia


Nah, gambar diatas adalah salah satu bentuk dasar Doodle, dibuat tahun 1795 oleh Luise von Mecklenburg-Strelitz, istri dari raja Friedrich Wilhelm III. contoh tertua adalah lukisan manusia purba di gua-gua. 

Contoh lain adalah coretan di buku tulis saat pelajaran sedang berlangsung, coretan saat sedang menelpon, saat sedang mengobrol, dlsb. Kadang coretan itu mewakili suasana hati pembuatnya.. Doodle Art kadang membuat tenang suasana hati pembuatnya. Di tangan yang tepat Doodle adalah sebuah karya seni yang luar biasa.


Dalam perkembangannya, Doolde menjadi salah satu cabang seni tersendiri dan terklasifikasi. Menurut Lei Melendres, seniman Doodle muda dari Philipina, Doodle Art terbagi menjadi 3 yaitu :

1. Unplanned Doodle atau bisa disebut teknik menggambar doodle dengan cara spontan atau tanpa sketsa.

2. Semi Unplanned Doodle atau bisa disebut Teknik menggambar doodle dengn spontan/langsung tetapi menggunakan sketsa.

3. Planned Doodle atau bisa disebut Teknik menggambar doodle dengan rencana atau terlebi dahulu dengan menggunakan sketsa agar hasilnya lebih terkonsep dan terbilang rapi.

Dimasa kini, Doodle Art berkembang sebagai salah satu desain grafis dalam klan seni rupa 2 Dimensi.

Dengan berkembangnya dunia desain grafis, doolde tidak hanya melulu sketsa hitam putih di media kertas. Doodle telah bertransformasi dalam berbagai bentuk media grafis dan penuh warna. Salah satu pengaplikasian seni doodle yang paling populer adalah Google Doodles. Yaitu, memodifikasi logo Google menjadi suatu bentuk abstrak yang didalamnya mengandung arti tersendiri. Biasanya peringatan atas suatu peristiwa atau mengenang suatu peristiwa-peristiwa penting. Baca Juga > Logo Baru Google

Nah, apakah kuamu salah satu doodle-ers ? berikut contoh Doolde Art karya Lei Melendres, kereeeeenn. ! kamu juga bisa lihat cara pembuatanya di chanel youtube Lei Melendres.







loading...
Tag : Desain, Doodle
0 Komentar untuk "Doodle Arts, Pengertian dan dan Cara Membuatnya"

Berkomentarlah dengan baik-baik, tidak nyepam dan SARA, link aktif yang dipaksakan akan membuat anda di banned permanen, jadi mari kita berbagi dengan komentar-komentar sehat, dan bermanfaat, silakan berkomentar di bawah, secepatnya akan saya jawab, Salam..

Back To Top